Kuliner Khas Bantul Jogja yang Akan Memanjakan Lidah Anda 

Kuliner Khas Bantul Jogja – Kota Jogja selain kaya akan wisatanya, kini juga kaya akan wisata kulinernya. Misalnya di daerah Bantul yang terkenal akan pantainya yang indah yakni pantai parangtritis. Makanan khas Bantul juga terkenal sangat beraroma dan khas yang membuat pengunjung betah untuk tetap di daerah ini. Apa sajakah makanan khas Bantul Jogja yang akan memanjakan lidah anda? Ini dia beberapa diantaranya:

  1. Soto Kadipiro

Soto ini memang memiliki nama yang unik, yang membuat para wisatawan banyak mencarinya. Soto ini umunya sama seperti soto yang lain pada umumnya, namun rasanya yang khas dan ayam kampung yang gurih inilah yang rasanya sangat maknyus. Asal mula nama dari soto ini dikarenakan letaknya yang dijual di desa Kadipiro. Harganya pun juga sangat bersahabat mulai dari Rp. 8000 – Rp.15000. Meskipun kuliner soto kadipiro ini berdiri sejak tahun 1921, namun rasanya tetap sama dan khas dikarenakan resep andalan turun – temurunnya dijaga dengan baik.

  1. Sate klatak

Sate ini berbeda dari yang lainnya, dikarenakan menggunakan tusuk berupa jeruji sepeda bukan dari bambu. Daging yang digunakan juga sama yaitu daging ayam dan daging kambing. Sate klatak pak pong yang ada di Bantul memang sangat rame pengunjungnya, ini mungkin dikarenakan rasanya yang khas dan berbeda dari yang lain. Harganya pun relatif terjangkau, hanya sekitar Rp. 15000 anda sudah bisa menikmati satu porsi makanan lezat ini.

  1. Sambel belut

Daerah Bantul memang berdominasi dengan sawah, maka tidak heran jika belut diolah dan menjadi makanan andalan khas daerah ini. Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner ini di warung makan daerah selatan Jogjakarta. Rasa belut yang gurih lebih nikmat jika dinikmati dengan nasi hangat, lalapan, dan sambal yang maknyuss. Apalagi jika ditemani dengan es teh, maka akan terasa nikmat banget dan siap memanjakan lidah anda tentunya.

  1. Pecel wader

Wader merupakan ikan kecil – kecil yang hidupnya di sungai. Olahan ikan wader yang dinikmati dengan pecel inilah yang membuat rasanya yang khas. Ikan wader biasanya diolah dengan cara digoreng renyah yang membuat rasanya gurih. Makanan ini memang sulit ditemukan, karena tidak banyak orang yang mengetahuinya. Tapi, setelah anda mencicipinya dijamin bakal gak nyesal membelinya. Harganya pun juga tak mahal, hanya sekitar Rp. 15000 untuk satu porsinya yang membuat perut anda kenyang.

Demikian kuliner khas Bantul Jogjakarta yang akan memanjakan lidah anda. Ini bisa anda gunakan sebagai referensei wisata makanan ketika anda hendak berkunjung ke Jogja. Lebih nikmat lagi jika menikmati masakan khas Bantul Jogja tersebut ditemani dengan keluarga, sahabat, teman yang membuat anda semakin nyaman. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber : https://www.royco.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *